Singing Hatsune Miku

Sabtu, 10 Agustus 2019

Perencanaan Budi Daya Ikan Konsumsi

PERENCANAAN BUDI DAYA IKAN KONSUMSI

Perencanaan
  1. Menentukan lokasi pembuatan wadah budi daya ikan konsumsiMenentukan jenis wadah budidaya
  2. Membuat desain dan konstruksi wadah budi daya ikan. 
  3. Penyusunan kebutuhan alat dan bahan disesuaikan dengan ukuran kolam yang akan dibuat.
  4. Penyusunan jadwal pembuatan wadah budidayaMenentukan tugas tiap individu


PERSIAPAN ALAT DAN BAHAN :
  1. ALAT :
  • Palu
  • Gergaji
  • Golok
  • Skop
  • Cangkul
  • Tang
  • Palu besar
  1. BAHAN :
  • Terpal
  • Bambu
  • Bambu utuh
  • Pipa/paralon
  • Kawat dan paku

CARA PEMBUATAN
  1. Ratakan tanah dasar wadah dengan cangkul dan sekop, buang kerikil atau benda tajam lainnya yang dapat merusak terpal
  2. Buat tanda berbentuk segi empat sesuai ukuran terpal dikurangi 1 meter
  3. Tancapkan patok kayu tegak lurus dengan kuat menggunakan palu, fungsinya untuk menahan tekanan air
  4. Siapkan bambu panjang 4 meter  dan pasang untuk dijadikan dinding kolam
  5. Pasang terpal menurut bentuk dan ukuran kolam, kemudian pasang bambu diatas patok, terpal diikatkan sisinya ke bambu dengan kawat
  6. Lubangi sudut terpal dan pasang pipa paralon untuk pembuangan air. 
  7. Pasang saringan pada pipa pembuangan, kemudian tutup dengan pipa. 
  8. Bak/ kolam terpal siap diisi air

Pengolahan Bahan untuk diFermentasikan

PENGOLAHAN BAHAN UNTUK
DIFERMENTASIKAN

c. Keju:
  • Masak susu dalam panci hingga mendidih. Aduk aduk agar susu tidak lengket pada panci atau hangus.
  • Bila sudah mendidih, diamkan rebusan susu selama beberapa menit. Lalu tambahkan 4 sendok air cuka atau air lemon, dengan tujuan untuk memisahkan bagian zat cair pada susu (whey) dengan bagian zat padat pada susu. Kemudian aduk sampai merata selama kurang lebih 5-10 menit.
  • Setelah zat padat terpisah, siapkan sebuah saringan yang telah dilapisi kain bersih yang digunakan untuk menyaring susu.
  • Saring sampai benar-benar terpisah dari air
  • Campur gumapalan susu yang telah disaring dengan garam secukupnya
  • Masukkan kedalam wadah bersih lalu biarkan sampai dingin
  • Masukkan kedalam lemari es, setelah mengeras dapat dinikmati seperti biasa.


d. Kecap
  • Cuci kedelai sampai bersih lalu rendam didalam 3 liter air selama kurang lebih 12 jam
  • Setelah itu masukkan kedelai kedalam karung lalu injak-injak sehingga biji kedelai terbelah dua, atau dapat juga memakai mesin giling tipe cakram.
  • Biji kedelai yang sudah terbelah ini dicuci bersih.
  • Rebus kedelai dalam air mendidih selama 40 menit atau 60 menit hingga lunak. Lalu tiriskan dan dinginkan.
  • Beri ragi tempe dan campur sampai merata pada permukaan kedelai. Diamkan selama kurang lebih 3 -5 hari
  • Setelah jamur putih tumbuh merata pada kedelai, pisahkan biji-biji kedelai menggunakan tangan.
  • Jemur sampai agak kering
  • Rendam dalam larutan garam selama 3 sampai 4 minggu didalam suhu ruang. Maksimal proses penggaraman selama 2 bulan.
  • Tuang air bersih, kemudian masak hingga terlihat mendidih. Lantas angkat dan saring.
  • Tambahkan gula merah serta bumbu pada hasil saringan, kecuali daun jeruk dan daun salam. Giling sampai halus dan merata.
  • Masak hasil gilingan tersebut sambil diaduk-aduk.
  • Ketika sudah mendidih dan buihnya hilang lalu angkat dan dinginkan
  • Saring larutan menggunakan kain saring, sehingga ampas-ampasnya terangkat.
  • Masukkan kecap dalam botol atau wadah tertutup.




e. Tape 
  • Kupas singkong terlebih dahulu cuci sampe bersih kerik pinggirannya lalu kukus sampe empuk.
  • Jemur ragi kurleb 15 menit lalu hancurkan
  • Bila singkong sudah dingin taburkan ragi diatasnya hingga rata lalu simpan di bak yg sudah ada daun pisangnya lalu tutup rapat dgn daun pisang dan kain di atasnya diamkan selama 2 hari 2 malam. ketika dibuka... harum tapenya mantap…

f. Nata De Coco
  • Kupas sabut kelapanya, buang batoknya, kemudian belah menjadi dua bagian dan ambil airnya (pengupasan sabut kelapa bisa menggunakan Mesin Pengupas Sabut Kelapa)
  • Rebus air kelapa dalam panci selama 3 menit (dalam keadaan mendidih)
  • Tuangkan gula pasir kedalam air kelapa yang mendidih.
  • Matikan kompor dan biarkan air kelapa menjadi dingin
  • selanjutnya tuangkan asam cuka sekitar 10 ml kedalam larutan air kelapa hingga kadar ke asaman sekitar 4,5. Pengukuran Ph bisa menggunakan kertas lakmus
  • Tambahkan strater bakteri Acetobacter Xylinum kedalam larutan, aduk-aduk hingga merata
  • Tuangkan adonan ke dalam loyang atau baskom
  • Tutup bahan nata de coco dengan koran dan ikat dengan tali rafia
  • Simpan dan taroh di dalam rak-rak yang stabil, tidak mudah goyang. dan hindari goncangan.
  • Tunggu hingga kurang lebih 14 hari agar menjadi nata.
  • Nata De Coco yang jadi, akan membentuk jadi keras, mengikuti pola loyang.
  • Selanjutnya nata de coco yang telah jadi di cuci dengan air dan rendam hingga 2-3 hari
  • Setelah di rendam, kemudian lakukan perebusan dengan air dan gula, tujuannya agar mengenyal dan manis
  • Iris nata de coco sesuai selera menggunakan pisau dapur atau jika ingin lebih praktis dan usahanya menjadi besar gunakan Mesin Nata De Coco dan siap untuk di konsumsi
  • Setelah nata de coco sudah jadi, bisa juga dimasukkan ke dalam sirup yang tentunya sesuai selera kita.

Jumat, 09 Agustus 2019

Contoh cerpen

IMPIAN DAN ANGAN-ANGAN

Kesuksesan merupakan impian, dan angan setiap orang. Namun setiap orang punya cara untuk menjadikan kesuksesan itu bukan hanya impian ataupun angan semata.

      Untuk mencapai suatu kesuksesan kita dapat memulai dari berharap, karena harapan sendiri akan menjadi tangga menuju kesuksesan dengan niat yang akan menambah kokoh tangga tersebut. Setelah itu, kita hanya perlu berusaha untuk menaiki tangga yang telah kita buat dengan perjuangan, pengorbanan dan ditambah doa yang akan menjadi teman kita.

~~☺☺~~

Minggu pagi, 
“…….kkiiaaii……” aku berteriak dengan sekuat tenaga bersama teman-temanku yang lain, setelah menyelesaikan rangkaian gerakan latihan karate yang diadakan di sekolah.

“Huhh, hari ini sangat melelahkan” aku menggerutu kesal setelah sampai dikamar, dan berbicara sendiri seperti orang gila.
“Dasar, senpai menyebalkan, sungguh tidak menyenangkan sekali…”aku benar-benar merasa sangat marah sampai merasa ingin menonjoknya. Ya, pasti kalian merasa bahwa ini sangat berlebihan. 

Karena aku tidak menutup pintu mamaku mendengar apa yang aku katakan.
“ehm, kenapa kak kok mama lihat kamu cemberut banget. Ada apa?” dengan penuh rasa kasih sayang, mama duduk di dekatku.
“Ngga kok ma, aku cuma kesel aja. Jadi, tadi Itu guru yang ngelatih aku karate di sekolah nyuruh aku maju kedepan, terus suruh ngelakuin gerakan yang jelas-jelas belum diajarin sama dia” aku menjelaskan apa yang membuatku tidak bisa menahan kesal sedari tadi.
“Emang kamu nglakuin apa sampe disuruh maju kedepan?” tanya mama dengan tenang.
“Ngga ngelakuin apa-apa kok, cuma tadi ada temen aku yang tanya gerakan yang dia ngga bisa, terus tiba-tiba aku disuruh maju”
“Yaudah ngga usah marah lagi, mungkin tandanya guru kamu percaya kalo kamu udah bisa ngelakuin berbagai gerakan karate. Yang penting, kamu ngikutin latihan dengan semangat dan sungguh-sungguh, oke?” kata mama menenangkan sambil memberi semangat
“oke ma…….”
Setelah mama berkata seperti tadi aku merasa tiba-tiba rasa marah dan kesalku hilang. Tapi, aku tidak heran karena mamaku memang selalu bisa membuatku menjadi lebih tenang.
Ooh, iya… aku baru sadar kalau aku belum perkenalan ke kalian.
Oke, hai namaku Gabby Novelita Malik, usiaku 14 tahun. Teman - teman menganggapku orang yang pendiam bahkan sangat pendiam, mereka menilaiku bahwa aku hanya akan berbicara jika benar - benar perlu atau penting, namun sahabat - sahabatku bilang kalau aku punya sifat yang jahil. Iya, ku akui walaupun aku pendiam tapi aku sering juga menjahili teman - temanku. Hehehe

~~☺☺~~

Mengenai hobi ku, aku senang menonton anime – anime Jepang seperti anime yang sangat melegenda yaitu Naruto, selain itu aku juga senang menggambar karakter - karakter dari anime tersebut, selain senang mengenai hal - hal berbau Jepang aku senang bermain bulu tangkis dan juga mengikuti ekstra bela diri karate di sekolah. 

Sebagai layaknya seorang pelajar aku juga punya cita - cita tersendiri yaitu menjadi seorang arsitek, walau gambaran ku tak sebagus gambaran arsitek - arsitek terkenal, tapi setidaknya aku senang menggambar. Bahkan aku pernah berniat meneruskan sekolahku ke sekolah jurusan arsitektur, karena ku ingin sekali menjadi arsitek.
Pada suatu hari di kelas,
"Eh ternyata Naruto ada penerusnya lhoo,"kata temanku
"Penerusnya namanya Boruto kan?" Jawabku
"Iyaps bener banget, nanti kita nonton itu diperpustakaan daerah yuk" Ajak temanku
"Okeyy… dengan senang hati”

Setelah pulang sekolah, aku dan temanku pergi ke perpustakaan daerah untuk menunggu jemputan sambil menonton anime tersebut, waktu itu kami masih kelas 8. Bukan untuk membaca buku tapi untuk menonton anime. Aku tak mau sampai ketinggalan se episode pun. Alasannya kami menonton anime tersebut di perpustakaan daerah karena di sana ada Wi-Fi nya, ya kami memanfaatkan fasilitas yang ada, selagi ada kan harus dimanfaatkan. Uhuy….
Saat tengah menonton,
"Gab, kamu ada niatan gak buat gambar tokoh dari anime ini?" Kata temanku
"Umm, mungkin iya nanti kalau aku pingin aku bakal gambar kok, lagian aku juga udah sering banget gambar kayak gituan"sambungku
"Nanti kalau sudah selesai gambarannya aku lihat ya!" Pinta temanku
"Siapp" jawabku. Setelah itu kami melanjutkan menonton filmnya sampai habis. Sesampainya di rumah, aku bersih-bersih badan, makan, sholat, lalu belajar dan mengerjakan pr. Setelah itu aku menyempatkan diri untuk menggambar, ya walau sekedar meniru di hp namun aku sangat senang menggambar. Setelah setengah menggambar,
"Hmm, lumayan mirip sepertinya," gumamku, lalu aku melanjutkan menggambar sampai selesai dan tidur.

Pagi harinya, aku bangun lalu sholat, belajar sebentar dan bersiap-siap pergi ke sekolah. Saat akan berangkat, bahkan hampir naik motor papaku. 
"Oh iya, ada yang ketinggalan!" Sambil berlari menuju kamar
"Apa yang ketinggalan sih kak?" Kata mamaku
"Anu, yang ketinggalan gambaranku ini ma," jawabku
"Oh ya udah, sana berangkat keburu telat loh!" Suruh mamaku
"Oke ma," jawabku, lalu aku segera berangkat ke sekolah diantar oleh papaku menggunakan motornya. 

Setelah sampai di sekolah, 
"Wah Gabby sudah datang," celetuk temanku
"Iya nih, hehe," jawabku
"Gab, apakah kamu sudah menggambar tokoh anime yang kemarin?"Tanya temanku
"Udah, tapi belum selesai,"jawabku.
"Wah, pasti bagus, mau lihat dong!" Pinta temanku.
Lalu aku menunjukkan gambaran yang ku gamabar semalam, tampaknya temanku sangat  menyukai gambaranku itu. Wajahnya berseri-seri setelah melihat gambaranku. Dia mengatakan bahwa gambaranku bagus. Aku membalas pujian temanku hanya dengan senyuman.
"Wah bagus banget!" katanya.
"Terima kasih," jawabku senang.

~~☺☺~~

Pada suatu hari di kelas,
"Nad, kamu sudah mengerjakan tugas seni budaya belum? "tanyaku
"Sudah dong, jangan-jangan kamu belum mengerjakan ya? " kata Nadia.
"Udahlah! " jawabku sedikit kesal.
" Iya-iya jangan marah," jawabnya sambil ketawa-tawa. Bikin tambah sebel aja..
"Aku nggak marah kok,oh iya aku lihat tugas gambaran seni budaya kamu dong! " dengan muka melas andalan.
"Jangan ah aku kan ngak pintar nggambar kayak kamu,  " 
"Ngak papa kok kan semua orang punya kelebihan dan kekurangan masing masing, " jawabku sok bijak.
"Tapi, janji ya kamu nggak boleh menertawakan gambaranku nanti,"
"Iya-iya aku janji,”
"Nihh!” sahutnya sambil menunjukkan gambarannya.
"Wah, bagus kok!” 
" Masih bagus punyamu lah, gambaranku jelek gini cuma malu-maluin. Gambar tuh kekurangan aku taukk" kata Nadia.
“Iihh, lebay banget. Kamu jangan berpikiran seperti itu semua orang itu punya kemampuan masing masing tinggal kitanya aja yang mau  mengembangkan dengan maksimal atau kita biarkan saja bakat kita hingga tiba-tiba menghilang sebelum kita nikmati" Terangku.
"Kamu tahu ngga, kelebihan dan kekurangan itu bakal jadi ciri khas kita dan semuanya harus disyukuri…..Kelebihan, dengan kelebihan kita akan menjadi lebih menarik dihadapan oranglain. Tapi untuk kekurangan, aku sering banget mendengar keluhan tentang kekurangan mereka. Kalo menurut aku yaahh, kekurangan itu jangan dijadikan hal yang menurut kita memalukan karena kekurangan tersebut adalah salah satu bentuk unik yang ada pada dalam diri kita”
"Iya ya kamu benar juga, terima kasih kamu sudah mau menasihatiku,"jawab Nadia.

~~☺☺~~

"Kringg...," bel sekolah pun telah berbunyi, memandakan apel pagi segera dimulai. Diikuti suara anggota OSIS yang bertugas memberitahukan kepada seluruh siswa untuk segera menuju lapangan basket untuk melaksanakan apel pagi yang setiap hari dilakukan. Aku bergegas mengajak teman- temanku menuju lapangan basket segera. Teman- temanku ada yang langsung menuju lapangan basket, tetapi tidak sedikit pula yang masih dikelas bermain handphone yang seharusnya mereka kumpulkan di ruang kesiswaan. Aku pun menuju lapangan basket tanpa meneghiraukan teman- teman yang masih asyik di dalam kelas. Tak lama kemudian, Pak Kisno berkeliling di setiap kelas untuk mengecak apakah masih ada siswa yang berada di kelas atau tidak. Jika masih ada siswa disuatu kelas, Pak Kisno tak segan-segan meniup peluit yang selalu dibawanya itu dengan suara yang sangat keras dan melengking.

Apel pagi pun dimulai. Sayangnya, banyak siswa yang mengikuti apel dengan ramai. Ada yang berbicara dengan temannya, ada yang sibuk mengganggu temannya, dan sebagainya. Lain halnya dengan aku. Aku sudah membiasakan diriku untuk mengikuti apel dengan hikmad. Tak menghiraukan apa yang terjadi disebelahku. Aku mulai belajar untuk menghargai orang yang sedang berbicara atau pun yang sedang bertugas. Aku membayangkan apabila aku yang berada di depan tetapi aku tidak diperhatikan, rasanya pasti sakit. Untuk itu, aku berusaha untuk diam dan mendengarkan apa yang disampaikan bapak/ibu guru yang berada di depan. Bisa dikatakan kalau disiplin itu kujadikan sebagai mottoku. Apabila kita membiasakan diri kita untuk menjadi seseorang yang disiplin dan menghargai orang lain, dapat dipastikan kita akan dihargai pula oleh orang lain.

    Tak lama kemudian apel pun selesai. Seluruh siswa segera memasuki kelas. Akan tetapi,banyak siswa yang langsung menuju kekantin dekat sekolah untuk membeli makanan atau minuman dengan alasan bahwa mereka belum sarapan di rumah. Tetapi lain halnya dengan aku, aku langsung menuju kelas dan langsung melakukan literasi.

 Literasi yang aku lakukan adalah membaca. Dengan membaca, kita dapat mengetahui berbagi hal baru dan kita juga dapat mendapatkan banyak informasi dari buku itu. Membaca selain bertujuan untuk menambah wawasan, juga dapat dijadikan sebagai sarana hiburan atau untuk refreshing. Aku kebetulan suka membaca buku cerpen yang berupa buku fiksi.

 Alasanku menyukai buku fiksi ialah karena buku fiksi kebanyakan memiliki alur yang jelas dan menyenangkan, juga tidak membuat bosan. Aku pun mulai membaca buku.Tak lama kemudian bapak guru pun datang ke kelas. Karena terlalu asyik membaca buku, aku sampai-sampai tidak tahu kalau bapak guru sudah datang. Aurel, yang duduk tepat disebelahku langsung memberitahuku. Aku pun segera menutup buku yang kubaca lalu kucatat apa yang telah aku baca pada jurnal literasiku. Setelah selesai mencatat, aku segera mengumpulkan jurnal literasi itu dimeja guru untuk diberi tanda tangan oleh guru yang mengajar. Setelah mengumpukan jurnal literasi, aku segera mengembalikan buku yang aku baca pada tempatnya semula. Aku sekalian merapikan buku- buku lain supaya enak untuk dipandang.

Jam pertama adalah seni budaya. Seluruh siswa mengumpulkan sketsan gambar yang telah susah payah mereka buat. Banyak yang memuji gambaranku. Aku pun hanya tersenyum tipis membalas pujian teman- temanku. Sketsa yang telah kami buat akan dipilih 3 oleh bapak guru untuk dijadikan gambar pada triplek yang berukuran besar. Ternyata, yang dipilih oleh bapak guru adalah gambaran dari Rio, Vale, dan Aurel. Aku pun menerima keputusan dari bapak guru karena gambar ketiga temanku menurutku jauh lebih bagus dari gambar buatanku. 

Minggu depan saat pelajaran seni budaya, bapak guru menyuruh kami membawa alat dan bahan yang sudah ditentukan untuk membuat lukisan dengan alas triplek. Tak lupa kamipun terlebih dahulu membagi kelompok untuk 
Pembagian tugas. Kelompok itu terdiri dari 8 anggota dan dibagi menjadi 3 grup. Masing-masing kelompok menggambar sketsa yang telah di pilih itu, tetapi hanya sebagian dan aku tidak ikut menggambar tetapi membuat paduan warna untuk mengecat sketsa gambar yang di buat tadi. 45 menit telah berlalu akhirnya sketsa nya telah jadi,bapak guru membimbing kami untuk menentukan warna yang cocok untuk mengecat sketsa di atas triplek tersebut. Kelas kami menggambar sketsa orang memancing ikan, chopper yaitu karakter dari onepiece, dan smurf sedang bermain bola, 3 jam pelajaran telah usai kami hanya mengecat kepala chopper,pantai, laut, dan badannya smurf. Memang melelahkan tapi juga mengasyikkan.

Bapak guru memutuskan untuk melanjutkan lukisan besok minggu depan. Kami sekelas menyetujuinya. Aku sudah tidak sabar untuk menunggunya. Dirumah aku berlatih mengecat dan memadukan warna untuk bekal besok agar berguna bagi teman-teman.
Hari berlalu begitu cepat, sketsa kami telah menunggu seminggu untuk dicat, kami bekerja sama. Aku ikut mengecat pantai karena hal itu tidak sulit karena tidak ada bagian bagian yang rumit untuk dicat. Ada yang mengecat laut, langit, pohon kelapa, batu, pelangi, awan dan ada juga yang melanjutkan chopper, dan smurf. Aku menggunakan kuas 3 jari untuk mengeblok pantai dengan warna coklat terang, tangan aku terasa pegal, dan akupun  berganti perkerjaan dengan temanku, aku mengambil kuas yang kecil dan memulai mengecat batu dengan warna cokelat dan hitam. Aku sudah bisa mengecat dengan cat tembok karena aku sudah berlatih di rumah dan latihan itu ternyata sangat berguna dan membuahkan hasil yang bagus. Banyak teman temanku yang pintar mengecat, mereka seperti tukang cat sungguhan. Aku senang dapat membantu dan berguna bagi teman sekelasku. Bapak guru memang orang yang profesional mereka mengarahkan kami warna yang cocok dan bagaimana cara melukis yang benar, banyak temanku yang jadi bisa mengecat karena di ajari teknik mengecat dengan benar.

Satu jam pelajaran telah berlalu, walaupun kami bekerja sama pekerjaan kami belum selesai karena besarnya triplek yang dipakai. Kami belum menyelesaikan semuanya. Walaupun begitu aku dan teman-teman masih bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan kami, karena bagiku mengecat itu memanglah hal yang menyenangkan.

Saat aku mengecat benda yang lain, aku lupa membersihkan kuasku dan sketsanya jadi kotor, aku malah ditertawain kakak UNY. Aku malu dan sedikit emosi. Tanganku kotor di penuhi dengan pigmen–pigmen cat, pekerjaan kami hampir selesai. Ada temanku yang sudah tidak memiliki niat untuk melanjutkan mengecat, Ia malah mencoret-coret dinding dengan kuas dan mencoret badan temanku yang lagi mengecat, ia marah dan saling coret-coretan. Baju mereka menjadi kotor dipenuhi cat guru kami mengetahuinya yaitu Pak Norman, dan mengurangi nilai mereka sedikit, walaupun begitu mereka tidak kapok untuk saling mencoret. Yang perempuan pun juga ada yang saling mencoret-coret. Setelah pengecetan ini selesai. Kami menebalkan pinggir-pinggir sketsa yang telah di cat dengan warna hitam. Ternyata juga lama sekitar 30 menitan. Gambar kami sudah mulai terlihat keren dan menarik untuk dipandang. Sangat cantik dan indah seperti nyata walaupun hanya lukisan. Kami selesai mengerjakan itu. Dan membersihkan diri di kran air, dan juga membersihkan kelas dan kuas yang kotor. Hari ini terasa melelahkan dan juga menyenangkan sekali dapat bekerja bersama teman-teman. Setelah kulihat-lihat lagi hasil lukisan tadi. Aku merasa kadar kecintaanku terhadap seni menggambar dan melukis semakin besar. Mulai dari waktu itu, aku menjadi lebih sering belajar mengenai berbagai hal tentang melukis. Dan aku juga sudah memutuskan bahwa aku akan melanjutkan sekolahku dijurusan arsirektur. Aku ingin melakukan pekerjaanku sesuai dengan hobiku karena pada saat itu aku merasa sangat senang dan jauh lebih Enjoy. Heheheee

~~☺☺~~


Itulah beberapa kisah ku dan hobi – hobiku. Ya, walupun sederhana aku menyukai itu semua, mulai dari menggambar, menonton film anime  membaca buku, dll. Dengan aku yang hobi menggambar ini sudah memutuskan untuk menjadi seorang arsitektur yang profesional. Aku akan selalu bekerja keras demi menggapai cita – cita ku itu. Meski banyak kegagalan yang menghadang aku akan tetap berusaha, karena kesuksesan berawal dari kegagalan.

~End~


NAMA ANGGOTA :

AUREL JOSEPHIRA JASMINE (05)
GABBY NOVELITA MALIK (08)
NADIA KHARISMA PUTRI (15)
RIZQI PUTERA PAMUNGKAS (19)
TIMUR PRIAMBADA (21)

SMP NEGERI 1 WONOSARI
IX E (2018/2019)

Contoh Cerpen

TUGAS BAHASA INDONESIA

Tak Selamanya Selalu Sama

Berawal dari dering telpon dari 3 hari yang lalu, kudengar kabar dari ujung sana. Dan semuanya mulai berubah. Hai, perkenalkan namaku raina biasa dipanggil rain usiaku 12 tahun dan aku mempunyai seorang adik perempuan bernama kyla. 

    Suasana sepi, hening, dan dinginnya malam menyelimuti sekitar rumah sederhana dimana sebuah keluarga yang terasa sangat hangat didalamnya satu sama lain saling menyayangi, menghormati dan menghargai. Dalam rumah tersebut semua anggota keluarganya kini sedang bersenda gurau dan tertawa lepas bersama. Salah satu anak sedang menyeritakan cerita lucu temannya di sekolah,sedangkan anak yang satunya sedang menertawakan sang adik bersama sang ayah, sedangkan ibu yang bertugas melerai. Hingga larut malam akhirnya keluarga tersebut memutuskan untuk segera tidur. 

Itu adalah sepenggal cerita yang masih belum selesai. Yah, itu adalah cerita keluarga ketika malam yang indah sebelum api menyambar pagiku. Baiklah, akan aku teruskan cerita tersebut 

Pagi harinya kedua orangtua tersebut bangun lebih awal dari biasanya dan segera berpamit kepada anak tertua yang juga ikut terbangun untuk pergi ke kota  menjual hasil taninya, kala itu sang adik masih tertidur sehingga tidak tahu bahwa orangtuanya telah pergi. Setelah orangtuanya berangkat sang kakak membersihkan rumah dan menyiapkan sarapan untuk adiknya ketika bangung nanti. Setelah, semua pekerjaan sudah siap, diapun segera mandi. Dan kemudian, salat subuh. Tak lama sang matahari terbit, sang kakak segera membangunkan sang adik untuk segera mandi dan bersiap-siap untuk pergi berangkat sekolah. Ketika, adiknya mandi kakak menerima dering dari sebuah telepon jadul kepunyaannya dan betapa terkejutnya dia bahwa dari ujung sana terdengar sebuah kabar dimana ternyata kedua orang yang paling dia sayangi telah pergi untuk selamanya dan lebih parahnya dia tak kuasa untuk mengatakan hal ini kepada adiknya. Dia takut, adiknya terlalu syok karena usia adiknya baru menginjak 8 tahun. Kalian tahu bagaimana keadaan sang kakak selanjutnya? Dia hanya bisa menangis, tubuhnya langsung melemas bagai tidak ada penopang, hatinya bagai dihantam dari ketinggian.

Setelah kejadian saat itu aku harus bekerja untuk hidupku dan adikku. Aku tidak boleh berlarut-larut dalam kesedihan. Awalnya, aku sangat bingung ingin menjual apa. Tapi, sebuah ide datang. Aku menjaul makanan dan menitipkannya ke warung sekitar rumah dna sebagian aku jual disekolah. Ya, hasilnya memang lumayan untuk membeli kebutuhan sehari-hari bersama adikku kyla. 
.............................. setahun berlalu.......................................................................................................
Akhirnya lama-kelamaan kami mulai terbiasa dengan kehidup yang seperti sekarang ini. Sekarang kami, harus kuat tidak boleh selalu bersedih. Kami selalu mendoakan kedua orangtua yang kami sayangi. 
Pagi ini, aku dan adikku sedang sarapan pagi bersama. Kulihat adikku sangat menikmati makanan yang aku buat. Wajahnya, terlihat berseri-seri, dan bertingkah manja kepadaku. Dalam hati, aku merasa bahwa ini tidak beres alias dia kayak begitu berarti sedang ada maunya. Akhirnya aku angkat bicara apa maunya dia. Dan ternyata benar dia mengingkan sebuah kue untuk hari ulangtahunnya besok. 

Setelah kyla berangkat, aku berpikir sejenak tentang permintaan kyla tersebut. Kemudian, aku memutuskan untuk  membuat kue sendiri. Tapi, aku tidak tahu bagaimana caranya. Aku memang pandai memasak, tapi untuk membuat roti ataupun kue aku sangat merasa kesulitan.  

Hari menjelang ulangtahun kyla bertambah dekat. Hari, ini hari tepat sebelum kyla ulangtahun. Aku berencana untuk memberikan kue buatanku besok. Aku akan membuatnya malam ini. Aku sudah bisa membuat kue nih..... aku diajarin ibuknya temenku. Aku juga sering mengumpulkan uang jajan untuk membeli alat dan bahan membuat kue. 

    Paginya, aku membangunkan adikku seperti biasa. Tapi, ternyata dia sudah bangun. Wajahnya terlihat sangat cerah. Kamipun, sarapan pagi bersama. Dia sangat sumringah bahkan mirip seperti orang gila. Hihihi........ Rencananya aku akan memberikan kue nya ketika yla pulang sekolah. Tapi, ketika melihat dia begitu sumringah, aku merasa tak tega. Dia juga mengingatkan ini hari apa namun aku cuekin alias aku pura pura lupa.  Dan kemudian, dia tampak marah kepadaku buktinya dia langsung mengubah ekspresinya menjadi ekspresi jengkel dan segera berangkat sekolah.

    Setelah kyla pulang,aku melancarkan aksiku dan dia tampak bahagia sekali. Dan, kami mulai menikmati kue buatanku dengan penuh semangat

Ringkasan Materi PTS sem2 (Agama Islam)

RINGKASAN MATERI PTS SEM 2 (AGAMA ISLAM)

ROSUL 
  1. Pengertian iman kepada rosul
Meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah telah mengutus para rosul-Nya untuk menyampaikan wahyu kepada umat-Nya. Dalil naqli: Q.S Al-imran/3:164
  1. Tugas para rosul
  1. Sebagai pembawa ajaran hauhid yang benar.
  2. Sebagai pembawa kabar gembira 
  3. Sebagai pemberi peringatan
  4. Membina kehidupan manusia agar menerapkan akhlak mulia
  1. Sifat-sifat para rosul 
  1. Sifat wajib
  • Sidiq        : benar
  • Amanat     :dapat dipercaya
  • Tablig         :menyampaikan
  • Fatanah     : cerdas
  1. Sifat mustahil 
  • Kizib         :dusta
  • Khianat        :tak dapat dipercaya
  • Kitman        :menyembunyikan 
  • Baladah     : bodoh
  1. Sifat jaiz  (Aradul Basyariyah : kebiasaan manusia)
  • Makan
  • Minum
  • Haus
  • Lapar
  • Letih
  • Dll
  1. Kisah 25 rasul (BUKA BUKU SENDIRI-SENDIRI YA HAL 138)
  2. Rasul ulul azmi
Orang-orang yang memiliki keteguhan hati dalam menghadapi cobaan dari Allas SWT 
  1. Nuh
  2. Ibrahim
  3. Musa
  4. Isa
  5. Muhammad saw

Mukjizat para nabi ulul azmi 
  1. Nuh 
  • Membuat perahu 
  1. Ibrahim 
  • Tidak terbaakar oleh api ketika dibakar oleh Raja Namrudz
  1. Musa 
  • Tongkat berubah menjadi ular 
  • Membelah laut merah
  • Tangan dapat mengeluarkan cahaya
  1. Isa 
  • Mengobati macam penyakit yang sulit disembuhkan
  • Membuat burung dari  tanah
  • Menghidupkan orang yang sudah meninggal walau sebentar.
  1. Muhammad 
  • Membelah bulan menjadi dua
  • Mengeluarkan air dari celah-celah jarinya
  • Al-quran sebagai kitab yang paling lengkap
  1. Hikmah beriman kepada rosul 
  1. Meneladani sifat-sifat mulia para nabi dan rasul.
  2. Senantiasa menjaga keimana dan perilaku kita agar susuai dengan ajaran Allah
  3. Selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan
  4. Selalu patuh dan taat dalam melaksanakan semua yang diperintahkanoleh Allah dan menjauhi larangan-Nya.


HORMAT DAN PATUH KEPADA ORANGTUA 
Setiap anak diwajibkan berbuat baik kepada orang tua (birrul walidain). Dalil naqli An-Nisa ayat 36
Cara menghormati orangtua (masih hidup)
  • Mendengarkan semua perkataannya dengan penuh rasa hormat dan rendah hati 
  • Membantu pekerjaan rumah atau pekerjaan lainnya
  • Senantiasa meminta doa restu 
Cara menghormati orangtua (sudah meninggal)
  • Menyambung tali silaturahmi dengan kerabat dan sahabat orangtua
  • Melanjutkan cita-cita orang tua
  • Mendoakan ayah dan ibu dengan memintakan ampun kepada Allah SWT
HORMAT DAN PATUH KEPADA GURU 
Cara menghormati guru 
  • Menyapa dan mengucapkan salam saat bertemu 
  • Mendengarkan dan menyimak dengan baik semua perkataannya
  • Mengikuti pelajarannya dengan penuh semangat 
  • Memandang guru dengan penuh rasa hormat
  • Hendaklah duduk dihadapan guru dengan sopan


BERBAIK SANGKA DAN BERAMAL SHALEH
  1. AMAL SHALEH 
Dalil naqli Q.S Al-ashr ayat 2-3
Ayat terebut menegaskan bahwa sesungguhnya manusia berada dalam kerugian, kecuali yang melakukan empat hal, yaitu :
  • Beriman kepada Allah
  • Beramal sholeh atau beramal kebajikan
  • Saling menasihati untuk kebenaran
  • Saling menasihati untuk kesabaran
Kata amal shaleh berasal dari kata “amilus”, yaitu segala perbuatan yang bermanfaat bagi dirinya atau oranglain, dan sesuai akal rasional. Dalil Naqli : Q.S Al-zalzalah ayat 7-8 
Amal shaleh akan syah jika memenuhi syarat :
  1. Amal shaleh di lakukan dengan mngetahui ilmunya
  2. Amal shaleh dikerjakan dengan niat ikhlas 
  3. Amal shaleh dilakukan sesuai petunjuk al-quran.
Macam amal shaleh 
  1. Amal shaleh terhadap Allah
  2. Amal shaleh terhadap manusia
  3. Amal shaleh terhadap lingkungan alam
Manfaat beramal shaleh 
  • Di beri ampunan dan pahala
  • Diberi tambahan petunjuk
  • Diberi kehidupan yang baik dan layak
  • Dihapus dosa-dosanya
  • Dijauhkan dari kerugian didunia dan akhirat


  1. BERBAIK SANGKA (HUSNUDZON)
Lawan dari husnudzon adalah su’udzon atau berburuk sangka. Dalil Naqli larangan berburuk sangka : Q.S Al-Hujurat ayat 12

Macam berbaik sangka :
  • Berbaik sangka kepada Allah
  • Berbaik sangka kepada diri sendiri
  • Berbaik sangka kepada orang lain
manfaat berbaik sangka :
  • Hidup menjadi tenang dan optimis
  • Yakin bahwa terdapat hikmah dibalik semua penderitaan
  • Membentuk pribadi yang tangguh
  • Menjadikan seseorang teguh pendirian
  • Dll (buka buku aja hal 186)


PUASA
  • PUASA WAJIB
  • Puasa ramadhan 
Hukum : fardu’ain
  1. Syarat wajib puasa 
  • Berakal
  • Belig
  • Mampu berpuasa
  1. Syarat sah puasa 
  • beragama islam
  • mumayiz
  • suci dari darah haid dan nifas
  • dalam waktu yang diperbolehkan berpuasa
  1. Rukun puasa 
  • niat untuk berpuasa 
  • menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa
  1. hal-hal yang membatalkan puasa
  • makan dan minum
  • muntah yang disengaja
  • berhubungan suami istri
  • keluar darah haid atau nifas
  • gila atau sakit jiwa
  • keluar cairan mani dengan sengaja
  1. hal yang disunnahkan dalam berpuasa
  • berdoa ketika berbuka puasa
  • memperbanyak sedekah
  • shalat malam, termasuk shalat tarawih
  • tadarus al-quran
  1. hal-hal yang mengurangi padahal puasa
  • semua hal yang dilarang oleh islam : membicarakan kejelekan orang lain, berbohong, mencaci maki orang lain,dsb.
  1. Orang-orang yang boleh berbuka pada saat berpuasa 
  • Orang yang sedang sakit
  • Orang yang sedang perjalanan jauh
  • Orang tua yang sudah lemah
  • Orang yang sedng hamil.


    • PUASA NAZAR
    Puasa yang dilakukan karena mempunyai janji kebaikan yang pernah diucapkan. Dalil Naqli Q.S Insan ayat 7
    • PUASA QADA 
    Puasa yang kita niatkan untuk mengganti kewajiban sesudah lewat waktunya. 
    Contoh : meninggalkan puasa karena sedang haid, ia harus menggatiknya sebanyak jumlah hari yang ditinggalkan. 
    • PUASA KIFARAT
    Puasa yang wajib dikerjakan karena melanggar suatu aturan yang telah di tentukan. Wajib di lakukan apabila: 
    • Tidak mampu memenuhi nazar
    • Berkumpul dengan istri pada siang hari di bulan ramadhan
    • Membunuh secara tidak sengaja
    • Melakukan zihar kepada istrinya (menyamakan istri dengan bunya)
    • Mencukur rambut ketika ihram
    • Berburu ketika ihram
    • Mengerjakan haji dan umrah dengan cara tamattu’ dan qiran
    • PUASA SUNNAH
    • PUASA SYAWAL
    Dilaksanakan sesudah tanggal 2 syawal. Jumlah 6 hari. Bisa di kerjakan 6 hari berturut-turut atau berselang-seling. 
    • PUASA ARAFAH  (tanggal 9 dzulhijah)
    Dilaksanakan seseorang yang sedang haji sedang wukuf di padang arafah. Keistimewaan puasa menghapus dosa 2 tahun: 1 tahun yang lalu dan 1 tahun yang akan datang.

    • PUASA SENIN KAMIS
    Puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari Senin dan kamis 
    • WAKTU YANG DIHARAMKAN BERPUASA
    • Hari raya idhul fitri dan adha
    • Hari tasyrik
    • Hari yang diragukan (apakan sudah 1 ramadhan apa belum)
    • HIKMAH BERPUASA
    • Meningkatkan iman dan taqwa
    • Menumbuhkan rasa solidaritas
    • Melatih dan mendidik kesabaran
    • Dapat mengendalikan hawa nafsu
    • Mendidik diri sendiri untuk bersikap sidiq
    • Membantu beristirahat organ-organ