Langsung ke konten utama

Fungsi Sistem Rangka Pada Manusia

 FUNGSI RANGKA MANUSIA

  1. Rangka menguatkan dan menegakkan tubuh
Rangka pada manusia berfungsi untuk menguatkan dan menegakkan tubuh kita. Seperti halnya rangka pada kaki. Jika tidak ada rangka atau tulang-tulang yang tersusun secara teratur, tubuh kita tidak akan bisa berdiri.
Rangka kaki dan telapak kaki yang ada pada tubuh kita cukup panjang, sehingga dapat membuat kita berdiri tegak, berjalan kesana kemari dan berlari dengan cepatnya.
  1. Rangka menentukan bentuk tubuh
Rangka sangatlah berpengaruh terhadap bentuk tubuh kita. Tahu kenapa? Karena tanpa adanya rangka tubuh kita hanyalah tumpukan daging tanpa bentuk. Dengan adanya bentuk ranka ini dapat membedakan setiap orang. Karena setiap orang memiliki bentuk rangka yang berbeda-beda, ada yang tinggi dan ada yang pendek.
Ada yang berkepala bulat dan lonjong. Ada yang memiliki jari-jari panjang dan ada pula yang pendek. Sehingga kita dapat dengan mudah mengenali ciri-ciri dari orang tersebut.
  1. Rangka merupakan tempat melekatnya otot
Rangka dan otot sangatlah berhubungan dan saling bekerja sama. Kenapa dikatakan demikian? Karena tanpa rangka, otot-otot tidak ada tempat melekat.
Rangka dan otot bekerja sama dalam melakukan suatu gerakan. Misalnya, gerakan lengan tangan dipengaruhi oleh otot yang ada ditulang lengan atas yaitu otot bisep dan trisep.
Tanpa otot juga rangka tidak bisa digerakkan. Maka dari itulah rangka dan otot saling berhubungan dan bekerja sama.
  1. Rangka melindungi bagian tubuh yang penting
Selain beberapa fungsi diatas, rangka juga berfungsi untuk melindungi bagian tubuh pada manusia. Karena tulang adalah bagian tubuh yang paling keras jadi ia mampu untuk melindungi tubuh dari benda-benda keras, seperti yang telah kita ketahui bagian dalam tubuh kita cukup rapuh, mudah terluka.
Dengan adanya tulang dapat melindungi tubuh kita.
Image result for fungsi rangka pada manusia
Seperti rangka kepala (tengkorak) yang melindungi mata, telinga, hidung dan saluran pernapasan. Ruas tulang leher melindungi tenggorokan dan kerongkongan. Rangka rongga dada melindungi alat pernapasan (paru-paru), pemompa darah (jantug) dan sebagian alat pencernaan makanan. Tulang pinggul melindungi alat pencernaan dan alat relproduksi bagian dalam. Serta melindungi tulang belakang, menegakkan badan dan melindungi sumsum tulang belakang.
                                                                             
Image result for fungsi rangka pada manusia
 sumber : https://www.slideshare.net/dyahcitta/sistem-gerak-manusia-biologi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karbohidrat

Pengertian Karbohidrat Karbohidrat adalah  Sumber energi utama tubuh. merupakan zat gizi yang terdapat dalam makanan yang tersusun dari unsur Carbon (C), Hidrogen(H), dan oksigen (O).  Sumber-sumber Karbohidrat  sangat banyak seperti beras, jagung, gandum Dll nanti akan kita bahas lebih lanjut mengenai sumber-sumbernya. Jenis karbohidrat  yang terdapat dalam makanan pada umumnya di bagi menjadi 3 jenis berdasarkan Ukuran melekul nya yaitu: Monosakarida, Disakarida dan polisakarida. Polisakarida dalam bahan makana hewani yang dapat dicerna disebut dengan Glikogen. Selain itu dalam ilmu Gizi karbohidrat di bagai menjadi dua jenis yaitu  karbohidrat sederhana dan karbohidrat Kompleks Sumber Karbohidrat Banyak sekali sumber-sumber karbohidrat yang terdapat disekitar kita seperti : Sumber karbohidrat Pada Biji  : Beras, jagung, gandum Sumber karbohidrat Pada Buah  : Pisang dan semua jenis buah yang rasanya manis. Sumber Karbohidrat Pada Akar/umbi  : Ubi jalar, Ubi kayu,

Struktur dan Fungsi Buah dan Biji

Struktur Bagian-bagian Buah dan Biji serta Fungsi Buah dan Biji pada Tumbuhan Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu organ penting pada tumbuhan   yaitu buah dan biji yang meliputi struktur buah, struktur biji, fungsi buah, fungsi biji, bagian bagian buah, bagian bagian biji, manfaat buah semangka, manfaat buah pisang, manfaat buah alpukat, manfaat buah buahan, manfaat buah pinang. Buah ( Karpium ) Pada bunga yang telah mengalami proses penyerbukan (sampainya serbuk sari ke kepala putik) maka serbuk sari akan terisap dan menuju ke bakal buah sehingga terjadilah proses pembuahan ( fertilisasi ), yaitu proses meleburnya inti sperma dengan inti sel telur yang menghasilkan zigot. Pembuahan akan mengakibatkan bakal buah menjadi buah dan bakal biji menjadi biji, kadang-kadang zigot akan berkembang menjadi lembaga dan menjadi tumbuhan baru. Pada saat itu, benang sari, mahkota, dan kelopak mulai gugur. Bagian buah terdiri dari beberapa lapisan: eksokarpium , yaitu la

Contoh Penerapan gas pada kehidupan sehari-hari

Penerapan sederhana gas ideal yang terjadi di dalam kehidupan secara tidak di sengaja. Ban motor menjadi kempes jika lama tidak digunakan Nah kenapa ban motor anda  kempes jika lama tidak digunakan? Ternyata ini dapat di jawab dengan logis melalui formula gas ideal ini. Ketika anda sering menggunakan motor, motor akan mejadi panas. Bukan hanya pada mesin saja yang panas, namun juga terjadi pada body dan juga pada ban. ban motor malah sering bersentuhan dengan aspal yang tentunya panas sekali. Nah pada saat ban ini panas berarti suhu pada ban ini meningkat bukan? Ketika suhu meningkat otomatis tekanan di dalam ban juga ikut meningkat juga. Sesuai dengan formula gas ideal di atas. Ketika motor lama tidak anda gunakan menyebabkan suhu pada motor menjadi dingin, begitu juga dengan ban. bila anda menyimpan motor anda di rumah di lantai batu maka ban akan lebih dingin lagi. Hal ini menyebabkan suhu pada ban menurun. Ketika suhu ban ini turun otomatis tekanan di dalam ban berkurang. Hal i