Singing Hatsune Miku

Senin, 09 Oktober 2017

Gangguan atau Kelainan Pada Sistem Peredaran Darah dan Upaya untuk Mencegah serta Menanggulanginya

KELAINAN PADA SISTEM PEREDARAN DARAH


1.       ANEMIA, merupakan keadaan tubuh yang kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. Kadar hemoglobin yang rendah menyebabkan tubuh kekurangan oksigen sehingga tubuh akan terasa lesu, kepala pusing, dan muka pucat. Perdarahan yang berat juga dapat mengakibatkan anemia. Selain itu anemia dapat terjadi akibat terganggunya produksi eritrosit.



Untuk mengatasi anemia ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan :
1.                         Bagi penderita anemia karena kekurangan zat besi, sebaiknya memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti bayam. Juga makanan yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, tomat, mangga, dan sebagainya. Sebab kandungan asam askorbat dalam vitamin C bisa meningkatkan penyerapan zat besi.
2.                         Sedangkan bagi ibu hamil, sejak sebelum kehamilan maupun selama hamil, sebaiknya memperbanyak mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, asam folat juga vitamin B. Misalnya adalah hati, daging, kuning telur, ikan teri, susu, dan kacang-kacangan seperti tempe dan susu kedelai, serta sayuran berwarna hijau tua.
3.                         Hindarilah mengonsumsi makanan atau minuman yang menghambat penyerapan zat besi di dalam tubuh. Misalnya kopi
2.        VARISES, yaitu pelebaran pembuluh vena terutama di bagian kaki. Pada varises yang parah, pembuluh vena tampak melebar dan berkelok-kelok. Varises disebabkan oleh cacat/kerusakan pada katup vena sejak lahir. Varises juga sering terjadi karena bertambahnya beban vena akibat terlalu banyak berdiri, kehamilan, dan sebagainya. Pelebaran vena pada bagian anus disebut wasir atau ambeian.

Untuk menghindarinya, usahakan sering istirahat dengan kaki ditinggikan, bila harus berdiri/duduk terlalu lama, gerakkan kaki sesering mungkin, kenakan stoking yang menopang, serta periksa dokter bila ada komplikasi. Selain itu, hindari jangan sering mengejan saat buang kotoran.
Cara Mengatasi Varises ,
Pengobatan alami atau cara menghilangkan varises kaki secara alami biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama walaupun sebenaranya caranya cukup mudah, yaitu:

Setelah beraktivitas setiap hari, berbaringlah dengan posisi kaki dan tungkai lebih tinggi dari jantung selama 20 menit. Bagi penderita varises, usahakan tidur dengan posisi seperti ini sepanjang malam. guna melancarkan peredaran darah ke jantung.
Jangan berdiri terlalu lama.
Olahraga rutin untuk melatih otot kaki: jalan santai, jalan cepat; joging, bersepeda, berenang (minimal 30 menit per hari).
Penting !! Jangan pernah memijat daerah yang bervarises, karena dapat menyebabkan pecahnya pembuluh vena. Lakukan pijatan secara ringan namun teratur, di daerah rawan varises dengan arah menuju jantung dengan lembut dan gunakan minyak esensial yang sudah dilarutkan.
Perbanyak konsumsi sayuran dan buah berserat tinggi dan makanan yang dapat merangsang sirkulasi darah, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe dan cabai merah. Juga makanan yang kaya dengan vitamin B kompleks, vit C, vit E, vit B6, magnesium, asam folat, kalsium dan zinc.
Kurangi konsumsi gula, garam, daging merah, gorengan, dan protein hewani.
Sering-sering duduk berselonjor kaki, tungkai dan panggul.

Suntik Varises
Cara menghilangkan varises kaki secara alami cukup memakan waktu, namun kalau ingin varisesnya cepat hilang dapat dilakukan dengan cara injeksi atau suntik secara langsung ke varises dan tentunya hal ini dilakukan oleh dokter ataupun orang yang ahli dibidang ini. Akan tetapi tindakan ini cukup sakit, karena admin sehatzblog pernah lihat secara langsung proses penyuntikkan atau injeksi terhadap penderita varises. Silahkan pilih aja dech pengobatan alami atau secara injeksi

3.       TEKANAN DARAH RENDAH (HIPOTENSI), yaitu keadaan tekanan darah yang di bawah normal. Gejala hipotensi adalah lesu, pusing, dan gangguan penglihatan, bahkan sampai pingsan. Penyebabnya dapat karena terlalu banyak meminum obat penurun tekanan darah, muntaber, dan pendarahan.

Cara mengatasi ,
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko hipotensi, yaitu membatasi konsumsi minuman keras dan minum air putih yang banyak. Bagi Anda yang menyukai minuman berkafein, hindari minuman yang mengandung nutrisi tersebut di malam hari.

Mengenai pola makan, lebih sering mengonsumsi makanan dalam porsi kecil lebih baik dibandingkan mengonsumsi makanan dalam porsi besar dengan frekuensi lebih jarang. Selain itu, meningkatkan asupan garam juga bisa mencegah hipotensi.

Penderita hipotensi juga dianjurkan untuk menghindari berdiri untuk jangka waktu lama. Terutama bagi penderita hipotensi ortosatik, ketika berdiri dari posisi duduk atau berbaring, lakukan secara perlahan-lahan.

Jika Anda mengonsumsi obat yang mungkin menyebabkan efek samping hipotensi, dokter bisa mengubah dosis obat tersebut atau memberikan alternatif lain.

Pengobatan untuk hipotensi harus dilakukan berdasarkan penyebab dasarnya. Obat untuk mengatasi hipotensi biasanya diberikan untuk menambah jumlah darah atau mempersempit arteri agar tekanan darah meningkat.

Jika Anda sedang menjalani pengobatan, periksakan tekanan darah secara rutin. Dan jika Anda mengalami efek samping, segera temui dokter. Begitu pula pada kondisi hipotensi Anda yang tidak kunjung reda atau tidak menghilang, periksakan diri Anda di instansi kesehatan terdekat.

4.       TEKANAN DARAH TINGGI (HIPERTENSI), yaitu keadaan tekanan darah yang melebihi tekanan normal. Penyebab hipertensi adalah nikotin pada rokok, faktor keturunan, stress, kelebihan berat badan, kelebihan garam, kurang olahraga dan kelebihan obat-obatan.

Untuk mencegah darah tinggi bagi Anda yang masih memiliki tekanan darah normal ataupun mengatasi darah tinggi bagi Anda yang sudah memiliki tekanan darah tinggi, maka saran praktis berikut ini dapat Anda lakukan :
a.        Kurangi konsumsi garam dalam makanan Anda. Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung garam.
b.      Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium. Kalium, magnesium dan kalsium mampu mengurangi tekanan darah tinggi
c.       Kurangi minum minuman atau makanan beralkohol. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari konsumsi alkohol secara berlebihan. Untuk pria yang menderita hipertensi, jumlah alkohol yang diijinkan maksimal 30 ml alkohol per hari sedangkan wanita 15 ml per hari.
d.      Olahraga secara teratur bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang. Lakukan selama 30 hingga 45 menit sehari sebanyak 3 kali seminggu.
e.       Makan sayur dan buah yang berserat tinggi seperti sayuran hijau, pisang, tomat, wortel, melon, dan jeruk.
f.          Jalankan terapi anti stres agar mengurangi stres dan Anda mampu mengendalikan emosi Anda.
g.        Berhenti merokok juga berperan besar untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi.
h.      Kendalikan kadar kolesterol Anda.
i.         Kendalikan diabetes Anda.
j.        Hindari obat yang bisa meningkatkan tekanan darah. Konsultasikan ke dokter jika Anda menerima pengobatan untuk penyakit tertentu, untuk meminta obat yang tidak meningkatkan tekanan darah.

Cara Mengatasi,
a.       Makanlah buah-buahan kaya serat setiap hari. Jeruk, apel, dan pisang adalah sebagian buah-buahan yang sangat direkomendasikan untuk pasien darah tinggi. Baca makanan yang berserat tinggi : Sayuran/Makanan yang Berserat Tinggi. Sayuran hijau juga menolong sistem pemulihan tekanan darah tinggi misalkan bayam, brokoli, kacang panjang, dan buncis harus ada pada daftar menu harian.

b.      Lakukan diet tekanan darah tinggi. Pertama, diet konsumsi garam (sodium/natrium). Caranya? Jangan letakkan garam di atas meja makan untuk menghindari tambahan garam pada saat menyantap makanan. di samping itu, tentukan makanan dengan kandungan sodium rendah. Batasi juga mengonsumsi daging dan keju dan jauhi makanan ringan bercita rasa asin. Untuk anda yang hobi mencampurkan saus agar menghentikan kesukaan itu.

c.       Perbanyak mengonsumsi konsumsi suplemen potasium/kalium 2-4 gram / hari. Potasium biasa terdapat dalam buah-buahan maupun sayuran seperti alpukat, melon, pare, labu siam, bligo, labu parang, mentimun, lidah buaya, seledri, bawang putih adalah sederet buah-buahan dan sayur mayur yang berkadar tinggi potasium.

d.      Makanan yang mengandung unsur omega 3 juga dapat menurunkan tekanan darah dan penyembuhan hipertensi pada umumnya yang digabungkan dengan sebagian obat diuretik misalnya tablet hydrochlorothiazide ( hct ) serta lasix ( furosemide ). Obat tersebut adalah golongan obat hipertensi yang bekerja dengan merangsang pengeluaran cairan tubuh melewati urin. ada juga beta-blockers seperti atenolol ( tenorim ) dan capoten ( captopril ). obat-obat tersebut digunakan dalam usaha pengontrolan tekanan darah dengan langkah memperlambat kerja jantung serta memperlebar ( vasodilatasi ) pembuluh darah.

5.        HEMOFILIA, Hemofilia adalah suatu penyakit yang diturunkan, yang artinya diturunkan dari ibu kepada anaknya pada saat anak tersebut dilahirkan.


           Darah pada seorang penderita hemofilia tidak dapat membeku dengan sendirinya secara normal. Proses pembekuan darah pada seorang penderita hemofilia tidak secepat dan sebanyak orang lain yang normal. Ia akan lebih banyak membutuhkan waktu untuk proses pembekuan darahnya. Penderita hemofilia kebanyakan mengalami gangguan perdarahan di bawah kulit; seperti luka memar jika sedikit mengalami benturan, atau luka memar timbul dengan sendirinya jika penderita telah melakukan aktifitas yang berat; pembengkakan pada persendian, seperti lulut, pergelangan kaki atau siku tangan. Penderitaan para penderita hemofilia dapat membahayakan jiwanya jika perdarahan terjadi pada bagian organ tubuh yang vital seperti perdarahan pada otak.
           Penyakit hemophilia tidak bisa disembuhkan, namun ada beberapa tips bagi penderita hemifilia untuk menjaga kesehatannya, diantaranya:
1.       Mengkonsumsi makanan/minuman yang sehat dan menjaga berat tubuh tidak berlebihan. Karena berat berlebih dapat mengakibatkan perdarahan pada sendi-sendi di bagian kaki (terutama pada kasus hemofilia berat).
2.       Melakukan kegiatan olahraga.
Berkaitan dengan olah raga, perhatikan beberapa hal berikut:
·         Olah raga akan membuat kondisi otot yangkuat, sehingga bila terbentur otot tidak mudah terluka dan perdarahan dapat dihindari.
·         Bimbingan seorang fisio-terapis atau pelatih olah raga yang memahami hemofilia akan sangat bermanfaat.
·         Bersikap bijaksana dalam memilih jenis olah raga; olah raga yang beresiko adu fisik seperti sepak bola atau gulat sebaiknya dihindari. Olah raga yang sangat di anjurkan adalah renang.
·         Bimbingan seorang fisio-terapis dari klinik rehabilitasi medis diperlukan pula dalam kegiatan melatih otot pasca perdarahan.             
3.       Rajin merawat gigi dan gusi dan melakukan pemeriksaan kesehatan gisi dan gusi secara berkala/rutin, paling tidak setengah tahun sekali, ke klinik gigi.            
4.       Mengikuti program imunisasi. Catatan bagi petugas medis adalah suntikan imunisasi harus dilakukan dibawah kulit (Subkutan) dan tidak ke dalam otot, diikuti penekanan lubang bekas suntikan paling sedikit 5 menit.               
5.       Menghindari penggunaan Aspirin, karena aspirin dapat meningkatkan perdarahan. Penderita hemofilia dianjurkan jangan sembarang mengkonsumsi obat-obatan. Langkah terbaik adalah mengkonsultasikan lebih dulu kepada dokter.        
6.       Memberi informasi kepada pihak-pihak tertentu mengenai kondisi hemofilia yang ada, misalnya kepada pihak sekolah, dokter dimana penderita berobat, dan teman-teman di lingkungan terdekat secara bijaksana.        
7.       Memberi lingkungan hidup yang mendukung bagi tumbuhnya kepribadian yang sehat agar dapat optimis dan berprestasi bersama hemofilia.

6.        LEUKIMIA (kanker darah), ialah bertambahnya leukosit secara tak terkendali.
Leukemia dalah salah satu peyakit kanser yang menyerang sel darah. Jadi leukemia adalah kanser sel darah. Banyak jenis kanker menyerang manusia pada usia tertentu, tetapi leukimia menyerang semua usia sejak bayi hingga orang tua.



Cara mengobati leukemia bisa dengan berbagai cara diantaranya dengan medis yaitu terapi atau juga dengan obat-obatan herbal.

7.        PENYAKIT KUNING PADA BAYI (ERITROBLASTOSISFETALIS), adalah rusaknya eritrosit bayi atau janin akibat aglutinasi dari antibodi ibu, apabila ibu bergolongan darah RH- dan embrio Rh+. Penyakit ini terjadi pada kandungan kedua, jika kandungan pertama embrio juga bergolongan darah Rh+

                           Adapun beberapa cara untuk mengatasi bayi kuning diantaranya adalah:
1.       Berikan ASI ekslusif setiap saat
2.       Rutin menjemur bayi pada pagi hari sekitar pukul 07.00-08.00 selama 15 menit.
3.       Sedangkan jika bilirubinnya (pigmen kuning yang dihasilkan karena adanya pemecahan hemoglobin dalam hati) tinggi , maka dilakukan penyinaran dengan sinar biru (fototerapi), bahkan bila perlu dilakukan tranfusi tukar darah, bila hal ini terjadi, maka diperlukan waktu selama beberapa minggu hingga bayi benar-benar sembuh total.
8.       Thalasemia
Thalasemia merupakan penyakit hereditas yang dikendalikan gen dominan, bersifat subletal.Bentuk sel darah tidak normal (berbentuk agregat) sehingga afinitas terhadap oksigen rendah.Penderita Thalasemia tidak mampu menyintesis rantai polipeptida alfa (α) dan rantai polipeptida beta (β) yang cukup.Rantai polipeptida dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin.

Cara mengatasi ,
Sampai saat ini belum ditemukan obat yang benar-benar mampu menjadi penyembuh penyakit thalasemia ini. Namun penderita dapat tetap berusaha agar bisa sembuh dari penyakit thalasemia ini. Berikut ini saya berikan beberapa cara umum yang dapat anda lakukan untuk mengobati penyakit thalasemia.

1.      Atasi anemia yang terjadi dengan cara transfusi
2.      Konsumsi kandungan suplemen folat untuk penderita thalasemia berat
3.      Hindarilah jenis obatan dengan kandungan zat besi dan juga pengoksidasi untuk penderita thalasemia yang menjalani transfusi. Hal ini karena kandungan zat besi secara berlebih akan menyebabkan terjadinya keracunan.
4.      Sebisa mungkin menghindari stress
5.      Pengobatan medis modern dengan mentransplantasi sumsum tulang allogenic. Untuk hal ini dibutuhkan konsultasi dengan dokter.
9.      Aterosklerosis
Aterosklerosis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh pengerasan pembuluh darah akibat endapan lemak yang menyebabkan pembuluh darah tidak elastis.



Cara mengatasi
Ada banyak pilihan pengobatan yang bisa diambil, pengobatan tersebut tergantung panyakit yang disebabkan oleh adanya Aterosklerosis. Misalnya pada tekanan darah tinggi pengobatan yang dilakukan ialah dengan memberikan obat Angiotensin  yang berfungsi mengatur tekanan darah yang bekerja dengan mengalangi tindakan beberapa hormon. Sementara itu, untuk mengatasi tingginya kolesterol dalam tubu, obat yang biasa diberikan adalah statin yang bekerja meblokir efek dari enzim dalam hati yang dikenal dengan disebut HMG - CoA reduktase.
      Diabetes MellitusSeseorang dikatakan kencing manis jika kadar gula darah puasa > 120mg % dan sesudah makan > 140 mg%.
penyakit dimana kadar glukosa (gula sederhana) di dalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara adekuat. Insulin adalah hormon yang dilepas oleh pangreas, yang merupakan zat utama yang bertanggung jawab dalam mempertahankan kadar gula darah yang tepat. Insulin menyebabkan gula berpindah ke dalam sel sehingga bisa menghasilkan energi atau di simpan sebagai cadangan energi.

Cara mengatasi ,
Hal yang dapat dilakukan untuk mengobati diabetes adalah mengendalikan berat badan, olah raga dan diet. Tujuan dari pengobatan diabetes tersebut adalah untuk mempertahankan kadar gula darah dalam kisaran yang normal.

sumber : http://ojoniku.blogspot.co.id/2016/03/kelainan-pada-sistem-peredaran-darah.html


sumbre : https://www.youtube.com/watch?v=LtlodYLm8fc

0 komentar:

Posting Komentar