Singing Hatsune Miku

Minggu, 28 Januari 2018

Contoh Penerapan gas pada kehidupan sehari-hari

Penerapan sederhana gas ideal yang terjadi di dalam kehidupan secara tidak di sengaja.

  • Ban motor menjadi kempes jika lama tidak digunakan
Nah kenapa ban motor anda  kempes jika lama tidak digunakan? Ternyata ini dapat di jawab dengan logis melalui formula gas ideal ini.
Ketika anda sering menggunakan motor, motor akan mejadi panas. Bukan hanya pada mesin saja yang panas, namun juga terjadi pada body dan juga pada ban. ban motor malah sering bersentuhan dengan aspal yang tentunya panas sekali. Nah pada saat ban ini panas berarti suhu pada ban ini meningkat bukan? Ketika suhu meningkat otomatis tekanan di dalam ban juga ikut meningkat juga. Sesuai dengan formula gas ideal di atas.

Ketika motor lama tidak anda gunakan menyebabkan suhu pada motor menjadi dingin, begitu juga dengan ban. bila anda menyimpan motor anda di rumah di lantai batu maka ban akan lebih dingin lagi. Hal ini menyebabkan suhu pada ban menurun. Ketika suhu ban ini turun otomatis tekanan di dalam ban berkurang. Hal inilah yang menyebabkan ban motor anda kempes setelah lama tidak di gunakan.
Bagaimana sudah faham? Sangat logis sekali bukan?

  • Botol menjadi kempes setelah di masuki air panas
Pernahkan anda memasukkan air panas kedalam botol? Misalnya anda pergi kekebun dengan membawa sebuah kopi dan kopi tersebut anda masukan ke dalam sebuah botol. Tanpa anda sadari botol yang berisi air kopi hangat itu mengalami kempes, seperti tersedot bukan? Jika anda tidak mengetahui itu tentu saja anda akan mengabaikan begitu saja. Bila anda penasaran kenapa hal itu bisa terjadi? Ternyata ini bisa di jelaskan di dalam teori gas ideal.

Pada saat anda memasukkan kopi hangat pada botol kemudian menutupnya segera dan pergi kekebun. Selama anda di perjalanan suhu pada kopi hangat anda sedikit-sedikit akan turun menyesuaikan dengan lingkungan di sekitarnya. Turunnya suhu pada kopi ini menyebabkan rumus gas ideal bekerja. Yaitu adalah ketika suhu turun menyebabkan tekanan di dalam botol menjadi turun. Nah hal itulah yang menyebabkan botol kopi anda menjadi kempes atau seperti tersedot.

Bagaimana? Logis bukan? Bila anda ingin mencoba bereksperiment sendiri untuk membuktikan dengan jelas di mata dan kepala anda secara langsung anda bisa mencoba cara sederhana yang juga pernah saya lakukan. Alat yang perlu anda persiapkan hanyalah sebuah botol aqua, terserah ukuran berapa saja. Selanjutnya masaklah nasi dengan menggunaka magicom atau ketika orang tua anda menanak nasi tunggulah hingga airnya mendidih dan mengeluarkan uap melalui cerobong uap magicom.

Ketika sudah mendidih dan uap keluar dari cerobong. Bukalah botol anda lalu arahkan mulut botol pada cerobong uap nasi tadi. Pastikan uap air masuk pada botol anda. setelah kira-kira cukup segera tutup botol anda dengan rapat. lalu diamkan beberapa saat, lihatlah perubahan pada botol anda sekarang!!! Botol kempes bukan hanya panas yang di akibatkan dari suhu uap air, tetapi juga dari hukum gas ideal ini. sekarang anda telah bisa membuktikan sendiri dengan cara sederhana mengenai gas ideal ini 

  • Konsep gerakan piston dalam mesin
Kenapa motor bisa berjalan? Karena ada mesin. Kenapa mesin bisa berputar? Ada yang bisa menjawab? Anak teknik mesin mungkin bisa menjawabnya yaa.. tapi sebenarnya anak sekolahan SMA itu sudah bisa menjawab hal ini. terutama berdasarkan pelajaran sehingga dapat menjawab dengan logis.

Konsep pada mesin sebenarnya sederhana sekali. Menggunakan teori gas ideal. Dimana bila volume di perkecil secara otomatis tekanan menjadi besar dan menyebabkan suhu menjadi naik. Ketika piston bergerak maju mundur melakukan suatu pekerjaan yang berfungsi untuk mengubah volume tabung / slinder piston agar mendapatkan suhu yang tinggi. pada kondisi suhu yang tinggi bila di semprotkan kabut minyak minyak solar / bensin dapat menyebabkan ledakan di dalam tabung piston. Ledakan ini menyebabkan piston bergerak mundur kembali seperti semula.

Pada inti yang sebenarnya adalah hanya untuk menaikkan suhu ruangan agar dapat terjadi pembakaran, dengan cara mengecilkan volume sehingga mendapatkan tekanan yang tinggi. pada tekanan tinggi otomatis suhu akan naik. Sesuai dengan konsep rumus gas ideal bahwa ketika tekanan di naikkan, maka suhu akan naik juga. 

Hal yang menyebabkan mesin panas bukan hanya gesekan yang terjadi, namun akibat dari tekan yang tinggi tersebut. Pada umumnya di luar bagian mesin (body) biasanya ada pendingin untuk mengurangi panas pada mesin. Jadi sekarang anda sudah tau kan kenapa mesin bisa berputar? Sederhana konsepnya ya?

Tempak dari kulit rambai :ngakak

  • Tembak mainan

Siapa yang tahu bagaiamana cara kerja dari tembak mainan? Di dalam tembak mainan ada namanya klep dan tabung klepnya. Klep ini seperti halnya piston. Ketika tembak mainan di tarik kebelakang untuk menambahkan peluru, otomatis klep ini akan ikut kebelakang. Namun klep akan berhenti karena ada kunci yang menahan. Nah ketika tombol pada tembak ini ditekan, maka membuka kunci klep tadi dan klep secara cepat kembali ke posisi semula. Kedika klep bergerak cepat tersebut menyebabkan perubahan volume pada tabung klep tersebut. Volume menjadi kecil tentu saja tekanan menjadi besar di dalam tabung kelp. Tekanan ini mendesak peluru sehingga peluru mejadi terbang keluar akibat dari  tekanan udara yang di timbulkan dari klep tsb.

Contoh penerapan Gas Ideal dalam kehidupan sehari-hari
Contoh penerapan Gas Ideal dalam kehidupan sehari-hari

  • Pompa sepeda
Contoh sederhana lagi tentang gas ideal. Pernahkah anda memompa sepeda atau motor anda dengan pompa manual? Pernahkan anda memegang body pompa setelah anda selesai menggunakan pompa? Jika anda pernah memegang pompa tersebut anda akan merasakan panas. Yup benar, panas! Kenapa?
Saat anda memompa sepeda, udara dari dalam pompa di paksa masuk pada ban sepeda anda. tahukah anda bahwa pentil sepeda itu lubangnya kecil. Saat anda memaksa udara dari pompa menuju ban menyebabkan udara di dalam pompa menjadi tertekan karena harus bergantian masuk pada ban melalui lubang pentil yang sempit. Tekanan yang tinggi di dalam pompa ini menyebabkan udara yang keluar dari mulut pentil sangat cepat hingga menyebabkan ada bunyi “ngiik” saat anda memompa. Ini juga termasuk salahsatu contoh sederhana dari rumus Debit (Q = Av). Nah tekanan ini lah yang menyebabkan suhu pada body pompa menjadi naik.

sumber : http://tanyagooogle.blogspot.co.id/2015/10/contoh-penerapan-gas-ideal-dalam.html


sumber : https://www.youtube.com/watch?v=WBvX_lrR9-Y

0 komentar:

Posting Komentar